PT Equityworld Futures Medan- Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. atau yang dikenal dengan emas Antam merosot hingga ke bawah Rp 1 juta/gram. Harga emas dunia yang ambrol dan rupiah yang menguat memberikan pukulan ganda ke emas Antam.
Melansir data dari situs resmi milik Pegadaian, logammulia.com, emas batangan satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 999.000/batang, merosot 1,77% dibandingkan harga kemarin. Untuk pertama kalinya sejak 27 Juli lalu harga emas Antam satuan 1 gram kembali ke bawah Rp 1 juta/gram.

Sementara itu satuan 100 gram yang biasa menjadi acuan juga merosot 1,88% ke Rp 94.112.000/batang atau Rp 941.120/gram.

Harga emas dunia pada perdagangan kemarin ambrol 1,87% ke US$ 1.877,12/troy ons, sebabnya Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, meminta perundingan stimulus senilai US$ 2,2 triliun dihentikan hingga pemilihan presiden 3 November mendatang.

“Saya menginstruksikan perwakilan untuk berhenti bernegosiasi sampai setelah pemilihan presiden,” tulisnya di Twitter pribadinya @realDonaldTrump, Selasa (6/10/2020) sore waktu setempat.

Alhasil, harapan akan gelontoran stimulus guna membangkitkan perekonomian AS menjadi pupus, emas pun terpukul. Stimulus fiskal serta stimulus moneter merupakan bahan bakar emas untuk terus menanjak.

Sementara itu rupiah juga menguat cukup tajam, 0,54%, melawan dolar AS ke Rp 14.710/US$ kemarin. Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang mengesahkan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja membuat rupiah perkasa.

Harga emas dunia dibanderol dengan dolar AS, saat Mata Uang Garuda menguat maka harganya akan menjadi lebih murah ketika dikonversi ke rupiah. Sehingga pelemahan emas dunia dan penguatan rupiah menjadi kombinasi yang buruk bagi emas Antam.

Di sisi lain, pelaku pasar keuangan juga mencermati aksi mogok nasional sebanyak sekitar 2 juta buruh selama 3 hari.

Dalam keterangan pers, perwakilan organisasi mendatang, sebagai protes disahkannya UU Cipta Kerja (Ciptaker) oleh DPR Senin pekan ini.

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan