PT Equityworld Futures Medan- Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. atau yang dikenal dengan emas Antam hari ini, Senin (28/9/2020) stagnan. Harga emas dunia yang tidak banyak bergerak pada Jumat pekan lalu, begitu juga dengan rupiah yang berakhir stagnan membuat emas Antam mager.
Melansir data dari situs resmi logammulia.com, harga emas Antam satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 1.006.000/batang, sama dengan harga hari Sabtu pekan lalu.

Sementara satuan 100 gram yang sering dijadikan acuan Rp 94.812.000/batang atau Rp 948.120/gram, juga sama dengan harga pada Sabtu pekan lalu.

Pada perdagangan Jumat pekan lalu, harga emas dunia melemah 0,43% ke US$ 1.860/troy ons. Sementara rupiah berakhir stagnan di Rp 14.845/US$. Emas dunia dan rupiah menjadi 2 faktor yang mempengaruhi harga logam mulia di dalam negeri, selain juga supply-demand.

Meski mager pada perdagangan hari ini, tetapi sepanjang pekan ada harapan emas Antam akan kembali menguat, sebabnya harga emas dunia diprediksi akan kembali naik. Hal tersebut terlihat dari survei yang dilakukan Kitco pada pekan lalu.

Survei yang dilakukan terhadap 16 analis di Wall Street menunjukkan 38% memprediksi harga emas dunia akan menguat (bullish) di pekan ini. Sementara yang memprediksi turun (bearish) sebanyak 31%, begitu juga yang memprediksi emas tidak kemana-mana (neutral) 31%.

Ketika harga emas dunia menguat, harga emas Antam juga akan terkerek naik.

Selain itu, survei yang dilakukan terhadap 2.391 pelaku pasar atau yang disebut Main Street menunjukkan 50% melihat emas akan menguat di pekan ini. 34% memprediksi turun, dan yang memprediksi tidak kemana-mana sebanyak 15%.

Carsten Fritsch, analis logam mulia di Commerzbank mengatakan pasar emas yang goyang pada pekan lalu bukan sebuah kejutan besar, dan sudah sedikit berlebihan.

“Kondisi emas dan perak masih bullish, tidak ada yang berubah dalam beberapa bulan terakhir” kata Fritsch, sebagaimana dilansir Kitco, Jumat (25/9/2020)

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan