Penukaran uang

PT Equityworld Futures Medan-Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rupiah pun lancar jaya menyusuri jalur hijau di perdagangan pasar spot.
Pada Jumat (18/9/2020), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.768. Rupiah menguat 0,74% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Di pasar spot, rupiah pun nyaman di zona hijau. Pada pukul 10:00 WIB, US$ dibanderol Rp 14.750 di mana rupiah menguat 0,47%.

Rupiah dkk di Asia berhasil memanfaatkan dolar AS yang sedang tertekan. Pada pukul 09:25 WIB, Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) melemah 0,2%.
Sejak awal kuartal III-2020, Dollar Index terpangkas 4,56%. Sedangkan sejak akhir 2019 (year-to-date), koreksinya adalah 3,57%.

Hari ini, tekanan terhadap mata uang Negeri Paman Sam hadir dari rilis data ekonomi yang agak mengecewakan. Pada pekan yang berakhir 12 September, klaim tunjangan pengangguran AS tercatat 860.000. Turun 33.000 dibandingkan pekan sebelumnya.

“Krisis di pasar tenaga kerja belum berakhir. Dunia usaha belum bisa cepat merekrut pekerja baru, sehingga tekanan yang dialami rumah tangga masih berlanjut,” kata Andrew Stettner, Senior Fellow di The Century Foundation yang berbasis di New York, seperti dikutip dari Reuters.

Data kedua adalah pembangunan rumah baru (housing starts) yang pada Agustus turun 5,1% dibandingkan bulan sebelumnya menjadi 1,416 juta unit. Ini menjadi penurunan pertama dalam tiga bulan terakhir.

Data ketiga adalah pembacaan awal indeks kondisi bisnis terbitan bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) cabang Philadelphia untuk periode September yang sebesar 15. Turun dibandingkan bulan sebelumnya yakni 17,2.

“Masa depan ekonomi sangat tidak pasti. Ada data yang bagus, ada pula yang buruk, jadi proyeksi bisa berubah dari hari ke hari,” ujar Ron Simpson, Global Currency Analyst di Acion Economics yang berbasis di Florida, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Seperti halnya rupiah, sebagian besar mata uang utama Asia pun berjaya di hadapan dolar AS. Hanya rupee India, yen Jepang, dan dolar Singapura yang masih melemah.

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan