FILE PHOTO: A Singapore dollar note is seen in this illustration photo May 31, 2017. REUTERS/Thomas White/Illustration/File PhotoPT Equityworld Futures Medan-Nilai tukar dolar Singapura melemah lagi melawan rupiah pada perdagangan Kamis (23/7/2020) bahkan sempat ke bawah Rp 10.500/US$. Meredanya tekanan terhadap rupiah akibat repatriasi dana investor asing membuat rupiah perlahan kembali perkasa.

Melansir data Refinitiv, dolar Singapura sempat melemah 0,94% ke Rp 10.475,78/SG$ pagi ini, sebelum diperdagangkan di level Rp 10.506,93/SG$ pada pukul 9:40 WIB di pasar spot. Kemarin, dolar Singapura melemah 0,53% setelah di awal pekan mencapai level tertinggi sejak awal Mei.

Sepanjang bulan Juli hingga awal pekan lalu, dolar Singapura mencatat penguatan tajam 5,4%, padahal Singapura “disahkan” mengalami resesi pada pekan lalu.

Salah satu penyebab penguatan dolar Singapura adalah tekanan yang dialami rupiah akibat arus modal keluar dari Indonesia. Di bulan Juli, perusahaan-perusahaan melakukan pembagian deviden, yang seharusnya dilakukan pada akhir kuartal II-2020, tetapi mundur satu bulan akibat pandemi penyakit virus corona (Covid-19).

Saat deviden dibagikan, khususnya ke investor asing, maka akan direpatriasi sehingga terjadi aliran modal keluar yang membuat rupiah tertekan. Rata-rata deviden yang direpatriasi setiap kuartalnya sebesar US$ 6 miliar.

Tetapi tekanan belakangan ini sudah mulai mereda, yang membuat rupiah perlahan kembali menguat. Selain itu, sentimen pelaku pasar juga sedang membaik merespon perkembangan vaksin virus corona, tidak hanya dari luar negeri, tetapi juga dari dalam negeri.

Presiden Joko Widodo melalui akun Twitternya mengungkapkan bahwa Indonesia akan segera menggelar uji coba vaksin tahap ketiga. Jika berhasil, maka Bio Farma akan memproduksi vaksin dengan kapasitas 100 juta dosis per tahun.

Holding BUMN farmasi, PT Bio Farma (Persero) menyatakan telah menyiapkan fasilitas produksi untuk memulai memproduksi vaksin Covid-19 yang akan dimulai pada kuartal I-2020, dengan catatan jika vaksin tersebut dinyatakan lolos uji klinis tahap ketiga.

Uji klinis tahap ketiga ini dilakukan di dalam negeri dan akan mulai pada Agustus 2020 mendatang.

Vaksin tersebut memberikan harapan hidup akan kembali normal, roda bisnis kembali berputar dan perekonomian bangkit dari kemerosotan akibat pandemi Covid-19.

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan