Foto: Selfie Miftahul JannahEquity World Medan – Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini menguat kembali ke angka Rp 14.840. Angka tersebut naik dari posisi Rp 14.825 siang kemarin.

Demikian dikutip detikFinance dari data perdagangan Reuters, Selasa (4/9/2018). Dolar bergerak di level terendah 14.809 dan tertinggi di 14.842 pada hari ini.

Ekonom INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara menjelaskan penyebab pelemahan nilai tukar rupiah ini adalah faktor eksternal yakni normalisasi kebijakan bank sentral Amerika Serikat.

“Kondisi pelemahan rupiah baru berakhir jika normalisasi kebijakan suku bunga The Fed berakhir dan kinerja ekonomi domestik khususnya neraca perdagangan membaik,” kata Bhima.

Nilai tukar rupiah bahkan berpotensi menembus level psikologis baru. Hal ini karena dipicu dari faktor domestik defisit neraca perdagangan yang dipicu meningkatkan proteksi dagang dan fluktuasi harga komoditas jadi input negatif bagi kinerja pertumbuhan ekonomi.Ada potensi pelemahan nilai rupiah bahkan menembus level psikologis 15.000,” ujar Bhima. (zlf/dna)

Sumber : detik.com

PT. Equityworld Medan
EWF Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2018
Loker EWF Medan

Advertisements