Organisasi anti-kerahasiaan online, WikiLeaks, telah menerbitkan ribuan halaman apa yang katanya dokumen rahasia CIA yang memaparkan program peretasan besar-besaran yang dilakukan oleh Badan Intelijen Pusat Amerika (Central Intelligence Agency atau CIA).

Sebanyak 8771 dokumen, yang diterbitkan oleh WikiLeaks hari Selasa dan dijuluki œYear Zero oleh organisasi itu, mencakup œseluruh kemampuan peretasan CIA.

Seorang juru bicara CIA Jonathan Liu mengatakan lembaga itu tidak mengomentari œtentang keaslian apa yang dikatakan sebagai dokumen intelijen itu.

Dalam sebuah pernyataan, WikiLeaks mengatakan CIA œkehilangan kendali atas sebagian besar arsenal peretasannya. Kelompok itu mengatakan perangkat dunia maya disebarluaskan di antara beberapa mantan peretas pemerintah Amerika, dan salah seorang memberikan bahan itu kepada Wikileaks. Year Zero memperkenalkan ruang lingkup dan arah program peretasan rahasia CIA secara global.

WikiLeaks juga mengklaim CIA memiliki perpustakaan malware eretasan yang digunakan oleh negara-negara lain, termasuk Rusia, yang dapat dimanfaatkan untuk meninggalkan œsidik jari palsu untuk menutupi eksploitasi dan menyesatkan para penyelidik.

Sumber : VOA

Equityworld FUtures

Advertisements