Emas bisa jatuh lagi jika Ketua Federal Reserve Janet Yellen bertindak seperti apa yang rekan-rekannya katakan akhir-akhir ini dan terdengar membawa nada hawkish di saat ia memberikan pidato hari Jumat sore, tetapi setiap aksi jual mungkin berakhir pada kesempatan membeli, kata INTL FCStone di outlook komoditas bulanan.

Emas bisa turun sebanyak $ 15 sampai $ 20 per ounce jika Yellen menyarankan bank sentral akan menaikkan suku pada pertemuan berikutnya, “namun penurunan tersebut harus digunakan sebagai kesempatan membeli,” tambah INTL FCStone.

Salah satu faktor yang akan membantu logam mulia menghindari penurunan yang signifikan adalah ketidakpastian menjelang pemilu Perancis.

INTL FCStone melihat kisaran harga sebesar $ 1.200 sampai $ 1.270 per ounce emas untuk bulan Maret dan kisaran $ 17.25- $ 18,50 untuk perak.

Analis mengakui bahwa mereka salah dalam seruan bearish mereka untuk platinum dan paladium bulan lalu, namun menegaskan pandangan mereka bahwa perlambatan yang kita lihat dalam penjualan mobil AS, ditambah dengan perlambatan tajam dari perkiraan penjualan Cina, akhirnya bisa menimbulkan masalah bagi kedua logam untuk bergerak lebih tinggi.

Penjualan mobil di Eropa (Uni Eropa) juga tidak akan menjadi mengesankan seperti yang dibayangkan, diprediksi tumbuh sekitar 1% pada tahun 2017, menurun tajam dari tahun lalu, ini menurut Asosiasi Produsen Mobil Eropa.

Lebih luasnya, LMC Automotive memperkirakan pasar kendaraan ringan global untuk menunjukkan pertumbuhan 2,5% (year-on-year) pada tahun 2017, jauh dari pembacaan 4,6% tahun lalu.

INTL FCStone melihat platinum akan berada dikisaran antara $ 950 dan $ 1.050 selama bulan Maret dan paladium antara $ 710 dan $ 800. (Sdm)

Sumber: Bloomberg

PT.Equityworld

Advertisements